ABSTRAK
Pengembangan strategi konflik kognitif dengan model PBL dan CL berbantuan alat peraga adalah pembelajaran yang mengintergrasikan sintaks strategi konflik kognitif model Coveratif Learning (CL) dan Problem Based Learning (PBL) yang menghadapkan siswa pada suatu peristiwa dalam kehidipan sehari-hari yang berbantuan alat peraga sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan strategi konflik kognitif berbantuan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Pritest-Postest Two Group Design pada dua kelas sample yaitu siswa kelas X E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X D SMA Negeri I Kupang dengan instrument penilaian berupa perangkat pembelajaran; silabus dan penilaian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembaran Kegiatan Siswa ( LKS) serta instrument evaluasi pembelajaran berupa Lembaran Observasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa ( KBKS) dan Tes Pemahaman Konsep Fisika Siswa ( PKSF).
Hasil penelitian dan analisis data secara deskriptif mengenai KBKS siswa diperoleh bahwa terdapat peningkatan dari kurang terampil menjadi terampil dengan komponen KBKS yang paling tinggi adalah keterampilan menjawab dan yang paling rendah adalah menarik kesimpulan.
Sedangkan secara kuantitatif mengenai pemahaman konsep fisika siswa yang diperoleh dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa pemahaman konsep fisika siswa yang menerapkan pengembangan strategi konflik kognitif berbantuan alat peraga lebih baik dari pada pengembangan strategi konflik kognitif tanpa berbanutan alat peraga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar